• 081220002838 (TLP/WA)

SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI UNTUK INFORMASI HUB MARKETING KAMI " AGUS YUSUF  " TLP 0812 2000 2838

5 Tips Aman Berkendara saat Puasa di Bulan Ramadan

Saat ini, Umat Islam menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Kamu sebagai seorang muslim pasti menjalankan puasa karena merupakan perintah agama. Di tengah kewajiban menjalankan ibadah puasa, kamu harus tetap menjalankan aktivitas secara penuh.

Salah satunya adalah berkendara untuk sampai di tempat kerja atau karena urusan lainnya. Dengan situasi lalu lintas yang macet, terkadang membuat kamu sering terbawa emosi. Selain itu, kondisi tubuh saat kamu menjalani ibadah puasa pasti membutuhkan perhatian yang cukup.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara selama di bulan puasa, simak tips aman berkendara saat di bulan puasa berikut.

  1. Periksa Terlebih Dahulu Mobilmu di Bengkel
    Sebelum kamu pergi mengendarai mobil, ada baiknya kamu cek atau servis terlebih dahulu mobilmu ke bengkel. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi apa-apa didalam bulan puasa ini. Sebab, bila tiba-tiba mobil mogok, ban kempis, ataupun mesin overheat, tentu akan merepotkan kamu saat di jalan. Rasa kesal, jengkel, atau bahkan marah akan muncul ketika kamu mengalami situasi seperti itu.
     
  2. Perbanyak Asupan Makanan yang Mengandung Protein dan Vitamin saat Sahur
    Saat sahur, perhatikanlah pola konsumsi makanan. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat yang akan menyebabkan kantuk. Makanan yang tepat untuk kamu konsumsi adalah makanan yang banyak mengandung protein dan vitamin. Selain itu, pastikan waktu tidur yang cukup, yaitu delapan jam dalam satu hari dan kurangi aktivitas tidak perlu yang menguras tenaga.
     
  3. Sadari Batasan Fisik saat Berkendara
    Pada saat berkendara dan sedang berpuasa, penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh, dan ketahanan tubuh. Bila kantuk atau lelah saat mengemudi, pastikan mencari tempat yang aman untuk berhenti dan berisitirahat. Lakukan sedikit senam peregangan otot untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh dan hirup oksigen yang banyak. Bila kamu sudah merasa lebih baik, kamu bisa melanjutkan kembali berkendara.
     
  4. Lakukanlah Commentary Driving atau Mendengarkan Musik saat Berkendara
    Kamu usahakan selalu bersama teman saat berkendara di bulan puasa. Mengobrol selama dalam perjalanan akan membuat kamu tidak merasa bosan dan mengantuk. Jika kamu berkendara tidak bersama teman, kamu bisa mengatasinya dengan mendengarkan musik atau radio.
     
  5. Menjaga Emosi saat Berkendara
    Salah satu hal penting adalah kamu tetap sabar ketika mengendarai mobil, meskipun ada pengguna jalan lain yang tiba-tiba menyerobot, mendahului, seenaknya memutar, ataupun berbelok arah. Kamu anggap saja perilaku mereka adalah orang yang tidak mengerti etika dan sopan santun maupun peraturan lalu lintas.

 

©2016 Daihatsu Jabar All right reserved